Rabu, 28 Mei 2008

prosesor


Prosesor: Beda Celeron dan Pentium 4

Celeron dan Pentium 4 adalah dua diantara sekian banyak produk prosesor dari perusahaan Intel.Kedua jenis prosesor diproduksi dengan peruntukan berbeda dengan harga berbeda pula.

Intel Celeron
Peruntukan: Aplikasi kerja ringan seperti olah teks, Internet, olah suara dan grafik, dan kerja ringan lainnya.
Contoh perangkat lunak:Microsoft Office (Word, Excel, dll) (olah teks)Internet Explorer (Internet)mIRC (Internet)Cakewalk (olah suara)Adobe Photoshop (olah grafis)Cyberlink PowerDVD (pemutar video / playback video)WinAMP (pemutar audio / playback audio)
Dengan menggunakan prosesor Celeron tidak berarti aplikasi yang tergolong berat tidak dapat dijalankan hanya saja performanya lebih lambat.Timbal balik dari kinerja yang diberikan adalah harga yang lebih murah dibandingkan Pentium 4.Produk Celeron banyak digunakan pada lingkup perkantoran, pendidikan, penyewaan komputer dan kafe Internet.


Intel Pentium 4
Peruntukan: Aplikasi kerja berat seperti konversi video dan permainan (game) berbasis grafis 3D (biasanya OpenGL).
Contoh perangkat lunak:Ulead Media Studio (video)Doom 3 (permainan/game 3D).
Produk Pentium 4 banyak digunakan di rumah terutama bagi penyuka permainan (gamers), sentra permainan (game center) dan tempat-tempat lain dimana kinerja prosesor ini dibutuhkan.
Konektor kedua prosesor masih menggunakan teknologi Pin Grid Array (PGA) tipe 478. Rata-rata papan utama (motherboard/mainboard) generasi sekarang mendukung kedua jenis prosesor. Keadaan ini menguntukan para pengguna Celeron karena mereka masih dapat melakukan upgrade ke Pentium 4 tanpa mengganti papan utama.

Tidak ada komentar: